Cara Merawat Kulit Berdasarkan Jenisnya

Video cara merawat kulit berdasarkan jenis kulitnya

Tahukah kamu, bahwa kondisi kulit merefleksikan kesehatan tubuh seseorang. Untuk menjaga kulit tetap terlihat sehat dan segar, kita harus paham bagaimana cara merawat kulit sesuai jenis kulitnya.

Jenis-Jenis Kulit & Cara Merawatnya

1. Kulit Normal

Kulit disebut normal yaitu kulit terlalu berminyak ataupun kering, lebih sedikit masalah, pori-pori nyaris tidak terlihat, serta tidak sensitif berlebihan.

Cara merawat kulit normal tentu cukup mudah, hanya perlu memilih moisturizer atau pelembab berbahan dasar air yang terasa ringan dan tidak lengket dan bisa dioleskan setiap hari.

2. Kulit Kering

Kulit jenis ini juga cenderung tidak elastis dibandingkan kulit jenis lain, terlihat kusam, berkerut, mudah gatal dan mengalami iritasi, kasar, dengan garis wajah yang lebih mudah nampak.

Berikut beberapa tips merawat kulit kering:

  • Pilih sabun dan produk pembersih dengan kandungan yang ringan. Hindari sabun deodoran.
  • Lebih baik ambil waktu singkat saat mandi.
  • Hindari melakukan scrub atau gerakan menggosok saat mandi.
  • Oleskan pelembap setelah mandi. Ulangi setiap kali kulit terasa kering.
  • Usahakan agar suhu dalam ruangan tidak terlalu panas.

Produk berbahan dasar petroleum atau minyak adalah yang paling tepat digunakan orang dengan kulit kering, karena dapat menahan cairan agar tidak cepat menguap dari kulit.

3. Kulit Berminyak

Kondisi kulit berminyak dapat berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada beberapa hal seperti stres, kelembapan, keseimbangan hormon, dan pubertas.

Bagaimana cara merawat kulit berminyak? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Cucilah wajah setiap selesai berkeringat. Tetapi, dianjurkan tidak lebih dari dua kali sehari.
  • Hindari memencet jerawat yang muncul pada kulit.
  • Hindari menggosok saat mandi dan pilih pembersih dengan kandungan lembut.
  • Gunakan produk perawatan kulit yang tidak menyumbat pori, yang dapat ditandai dengan label “noncomedogenic”.

Walaupun berminyak, tapi kulit jenis ini tetap memerlukan pelembab ringan, ataupun gunakan lotion dengan kandungan air yang lebih tinggi dibanding krim, sehingga lebih tidak berisiko memicu jerawat.

4. Kulit Sensitif

Biasanya kulit jenis ini biasanya sering ditandai dengan gejala gatal, terbakar, kering, dan kemerahan.

Cara mengatasi gejala-gejala ini adalah dengan mengenali dan menghindari pemicunya. Di samping itu, bisa lakukan hal-hal berikut:

  • Pilih produk berlabel hypoallergenic dan berbahan dasar alami. Pilih juga produk yang mengandung sedikit kandungan. Makin sedikit bahan yang digunakan, berarti potensi kerusakan kulit sensitif berkurang.
  • Disarankan menggunakan pembersih berbahan yang bersifat lembut, hindari produk dengan kandungan alkohol, sabun, pewangi, dan asam. Produk dengan kandungan bahan alami seperti lidah buaya, kamomil, atau teh hijau dapat menjadi pilihan aman.

Secara umum, cara merawat kulit untuk semua jenis kulit kurang lebih sama: hindari merokok dan minuman beralkohol, cukupi kebutuhan tidur, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, konsumsi cukup air mineral, konsumsi makanan sehat, dan olahraga teratur.

5. Jenis Kulit Kombinasi

Jenis kulit yang terakhir ini terjadi pada kulit normal atau kulit kering dengan kombinasi kulit berminyak dibeberapa bagian T zone (hidung, dahi dan dagu).

Kulit kombinasi memiliki ciri pori-pori besar, terdapat komedo, kulit mengkilap di bagian hidung, dagu atau dahi dan sebagian kulit kering atau bersisik.

Cara merawat jenis kulit kombinasi ini adalah dengan mengatur kelembaban kulit, yaitu dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari, menjaga kebersihan kulit serta mengkonsumsi buah dan sayur.

Dalam merawat kulit, kebanyakan orang sering mengalami permasalahan. Padahal mereka merasa sudah mencoba berbagai cara atau produk agar kulit tetap sehat dan bersih. Tetapi hasil yang didapatkan justru sebaliknya.

Faktanya, perawatan kulit yang dikemas dengan bentuk menarik dan bagus tersebut, ternyata di dalamnya mengandung bahan-bahan yang justru berbahaya bagi kulit apabila digunakan dalam jangka panjang. Sebut saja bahan kimia yang akan dengan mudah meresap melalui pori-pori kulit dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Maka dari itu, lakukan pola hidup sehat dan gunakan obat herbal untuk dikonsumsi atau diaplikasikan. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan perawatan, PT Natural Nusantara (NASA) menghadirkan berbagai macam produk perawatan tubuh berbahan herbal alami yang bisa Anda andalkan.

Amotee Nasa bersama dr. Dinda Rizki

Amotee merupakan suplemen herbal dari PT NASA yang mempunyai manfaat membantu menjaga kesehatan kulit. Komposisi Amotee terdiri dari campuran bahan herbal dengan manfaat berlimpah yaitu Fish Collagen, L-Glutathion, Phyto ceramid, Sakura ekstrak, Teripang, Plum, Sodiumhyaluronat dan Vitamin C.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *